ada 4 pertimbangan umum dalam menentukan model pagar rumah minimalis yaitu :

1. Bentuk atau Gaya Rumah

Hal ini menyangkut desain rumah yang akan kita beri pagar. Apakah rumah tersebut mengadopsi gaya klasik, minimalis, modern, countrty, mediteran atau lainnya. Sehingga tema rumah anda setelah dipasang pagar secara tidak berubah bahkan menguatkan kesan yang telah kita bangun sebelumnya.

2. Ukuran Tanah, Bangunan dan jarak terhadap Pagar.

Rumah yang besar akan kelihatan timpang dan tidak seimbang jika dipasang pagar yang berukuran kecil. Begitupun rumah yang kecil akan hilang tertutup oleh pagar yang berukuran besar dan tinggi. Oleh karena itu ukuran bangunan harus menjadi pertimbangan dalam menentukan model pagar minimalis yang akan dibuat. Kemudian hal yang juga harus menjadi pertimbangan adalah jarak pagar dengan bangunan. Semakin dekat jarak pagar dengan bangunan rumah maka sebaiknya pagar tersebut semakin dikurangi tingginya.

model pagar  minimalis
3. Bentuk, Warna dan Proporsi Pagar

Sudah barang pasti bentuk, warna dan proporsi pagar sangat penting dalam hal ini untuk menciptakan model pagar yang sesuai, serasi dan enak dipandang. 

4. Pemilihan Material Pagar

Seperti yang telah saya jelaskan sekilas dimuka bahwasanya material pagar sangat berpengaruh. Dalam hal membuat pagar minimalis bisanya kebanyakan orang menggunakan material besi. Disamping kesan minimalis bisa dicapai dengan musah oleh material ini, juga bahan ini lebih murah dan perawatan yang minim. Tetapi tidak menutup kemungkinan jika eksplorasi yang pas dan tepat jika ditambahkan sedikit material lainnya.